Minggu, 17 Maret 2013

KP Penutup


Pamit Penulis
Akhirnya, pada hari Jum'at tanggal 17 Juli 1998 pukul 7 lewat 13 menit, buku
Kado Pernikahan untuk Istriku selesai dengan rahmat Allah. Buku ini mudahmudahan
bermanfaat dan barakah bagi saya, Anda, keturunan kita, saudarasaudara
kita, tetangga kita dan masyarakat kita hingga yaumil qiyamah. Semoga Allah
mengampuni dosa-dosa dan kesalahan saya selama menulis buku ini. Semoga Allah
menerima kebaikan yang ada di buku ini, sehingga Allah menerima ummat Muhammad
ini kelak ketika malaikat maut telah datang. Semoga buku ini membawa kebaikan bagi
ummat Muhammad. Dan semoga dari pernikahan saya, pernikahan Anda, pernikahan
sau-dara-saudara kita..., pernikahan kita semua akan lahir anak-anak yang memberi
bobot kepada bumi dengan kalimat laa ilaaha illaLlah dan banyak memikirkan ummat
Muhammad. Tidak seperti kita, orangtua mereka. Allahumma amin.
Buku ini telah selesai dan saya berharap bisa menjelas-kan banyak hal yang kita
butuhkan untuk memperoleh ke-baikan dalam rumah tangga. Saya telah berusaha
mengam-bil bagian-bagian yang jarang dibahas oleh buku-buku di masa kita (tidak
berarti belum pernah dibahas oleh para pendahulu kita). Tetapi itu tidak berarti semua hal
yang kita butuhkan sudah terpenuhi dalam buku ini.
Saya masih punya PR --semoga Allah menolong saya untuk menyelesaikannya--
tentang masalah pernikahan ini, sementara masalah pendidikan anak pun masih harus
men-dapat perhatian. Saya kadang-kadang menerima surat dari saudara-saudara kita di
tempat yang jauh maupun dekat. Ada suara-suara perih yang tak berani mereka
A
ungkapkan kepada orang lain dan kemudian berkirim surat kepada saya. Ada cerita sedih
karena pernikahan dipersulit oleh hal-hal yang tidak diwajibkan agama. Dan masih ada
hal-hal lain yang mungkin bisa kita perbincangkan di lain waktu.
Saya berharap --mudah-mudahan Allah menolong saya-- bisa menulis sebagian di
antara persoalan-persoalan itu ke hadapan Anda. Insya-Allah, saya akan menulis buku.
Rencananya, buku ini akan saya beri judul "Tuhan, Dimana Khadijah Sekarang?".
Sesudah itu, saya mengharap nasehat Anda --mudah-mudahan Allah membuka hati
saya untuk mau menerima nasehat-- agar saya tidak lupa. Do'akan saya agar tidak termasuk
orang-orang yang merugi. Semoga kita semua men-dapatkan husnul khatimah.
Allahumma amin.
Selanjutnya, masih ada yang ingin saya sampaikan se-belum kita berpisah. Jika Imam
Syafi'i yang wara', zuhud dan betul-betul 'alim itu masih mengingatkan tentang kemungkinan
adanya kesalahan dalam kitab-kitabnya, maka apatah lagi buku ini. Masalahnya,
tidak mudah mengetahui kesalahan diri sendiri, termasuk apa yang saya tulis di buku ini.
Karena itu, tegur sapa Anda dan nasehat yang Anda sampaikan dengan cara yang baik
insya-Allah sangat pen-ting bagi saya dan para pembaca.
Semoga buku ini tidak sia-sia dan ada nilainya di sisi Allah. Allahumma amin.
Akhirnya, maafkan saya. Kepada siapa pun yang per-nah saya gunjing, saya sakiti
hatinya, atau apa pun saja yang membuat Anda merasa tidak enak, saya mohon
keikhlasan Anda memaafkan saya. Semoga Allah 'Azza wa Jalla me-ninggikan derajat
Anda dunia akhirat. Mudah-mudahan ki-ta termasuk orang-orang yang kembali kepada-
Nya dengan hati yang ridha dan diridhai.
Billahi tawfiq wal hidayah.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kampung Mranggen Tegal, Sinduadi,
Mlati, Sleman, Yogyakarta
17 Juli 1998, pukul 07 lewat 40 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar